PENGALAMAN CUCI AC DAN ISI FREON AC DAIKIN 0,5 PK VIA APLIKASI GOJEK GO-LIFE

Hari ini saya coba pakai jasa Gojek Go-Life untuk cuci AC. Biaya cuci AC 50 ribu dari biaya asli 70 ribu (sedang diskon). Pesan pukul 9, tukang AC WhatsApp bisa datang jam 10:30 atau jam 11. Beliau datang dengan asistennya. Sampai rumah kami pukul 10:30.

Peralatan yang kami sediakan sendiri hanya satu ember dan satu tangga. Tukang AC menyangka kami rutin cuci AC per 3 bulan. Padahal sejak beli (Hampir 3 tahun yang lalu), baru satu kali cuci AC. Sejak cuci AC sebelumnya, mungkin lebih dari 6 bulan. AC outdoor kami bersih karena sering disemprot saat kami menyiram tanaman (sekalian semprot AC). Tukang AC berkata, "Padahal kalau punya tangga sendiri, yang di dalam juga bisa dicuci sendiri."

Karena kami hanya pakai jasa cuci AC, si tukang nawarin isi freon. Saya pernah baca artikel "Jangan Tertipu Tukang AC untuk Isi Freon." Tapi karena usia AC kami hampir 3 tahun, saya coba terima tawaran si tukang sebab beliau nawarin harga 125 ribu (di aplikasi) menjadi 100 ribu saja.

Ternyata, freon AC kami masih di angka 100. Kata si tukang, freon penuh di angka 150. Beliau pun memenuhi freon AC kami di angka 150. "Nanti tidak usah isi freon sampai 2 tahun. Ini cukup," kata tukang AC.

Yang popped up di kepala saya adalah "Hebat ya AC Daikin. Hampir 3 tahun, freon yang terpakai hanya 50/150. Berarti Aslinya 3 tahun lagi isi freonnya juga nggak papa sebab kata tukang AC, AC akan rusak jika freon terlalu sedikit di angka 30-40."

Komentar